Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

9 buah asli indonesia

Indonesia dikenal dengan buahnya yang beraneka ragam. Siapa yang menyangka bahwa pisang adalah buah asli Indonesia dan sekarang sudah go internasional.

Tanpa panjang lebar berikut 9 buah asli dari Indonesia :
1. Durian

Mungkin banyak orang nggak tahu bahwa buah berduri yang dijuluki King of Fruit ini berasal dari Indonesia. Durian yang memiliki wangi menyengat yang khas ini ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Rasanya pun membuat negara lain berlomba untuk membudidayakannya. Saat ini, ada ratusan varian durian yang tersebar di seluruh dunia, termasuk di Thailand yang berhasil mengembangkan 300 varian buah durian.


2. Manggis
Kalau durian disebut King of Fruit, maka sekarang pendampingnya Queen of Fruit yaitu manggis. Manggis ditemukan di daerah Kalimantan dan Sunda ini memiliki rasa asam-manis. Konon, hal tersebut membuat Ratu Victoria dari Inggris tergila-gila. Buah ungu ini juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang baik buat tubuh kita.

3. Kedondong
Di dunia internasional, buah dengan rasa masamnya yang dasyat disebut dengan nama Ambarella. Buah dengan biji berduri ini berasal dari Indonesia bagian timur. Pada awal abad 20, kedondong mulai diperkenalkan ke mancanegara, dari Australia sampai Jamaika. Bahkan sempat ditanam di Florida.

4. Jambu Air
Dari pepohonan tropis Indonesia, yang memiliki warna merah dan hijau tergantung pada jenisnya. Umumnya, jambu berwarna merah memilik rasa paling manis. Di mancanegara, jambu air dikenal dengan nama Java Apple. Bahkan, di beberapa negara jambur dijadikan bagian dari salad.

5. Belimbing
Belimbing atau juga bisa disebut Carambola ini asli dari Maluku. Buah ini mejadi favorit di Asia, yang kemudian meluas ke Amerika, khususnya Florida. Buah ini jika dibelah akan berbentuk seperti bintang sehingga juga dujuluki Starfruit.

6. Pisang
Buah asli Indonesia ini yang sering diolah menjadi makanan penutup seperti banana split dibawa ke Eropa di sekitar abad 10. Di saat ini, produsen terbesar pisang adalah Amerika Latin (sekitar 65% dunia). Pisang ini juga efektif untuk menambah energi.

7. Rambutan
Dengan buahnya yang ditumbuhi bulu seperti rambut. Tidak heran buah asli Indonesia ini dikenal dengan nama rambutan. Indonesia pernah mengekspor biji rambutan ke Amerika Serikat tahun 1906, namun tidak bisa tumbuh di sana, Sekarang beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand terkenal dalam pengekspor rambutan kaleng.

8. Salak
Buah dengan sebutan Snake Fruit karena kulti yang bersisik. Buah ini merupakan asli dari Indonesia, bahkan salah satunya, salak condet, menjadi identitas kota Jakarta. Salak memiliki aneka macam rasa, mulai dari manis, asam, sepat, atau gabungan ketiganya. Sayangnya banyak yang mengira salak berasal dari Thailand atau Malaysia, padahal berasal dari Indonesia.

9. Duku
Buah yang berbentuk bulat kecil yang bewarna kekuningan ini merupakan salah satu buah kebanggaan Indonesia. Pohonnya pun dijadikan identitas provinsi Sumatera Selatan. Biasanya, duku dipanen satu kali dalam setahun. Di dalam negeri dan Asia duku banyak peminatnya, tapi sayang ekspornya belum sampai pasar Amerika dan Eropa.

sumber: http://www.seputarduniawanita.com/2011/08/buah-asli-indonesia.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar